Garap Bisnis Lewat Blog


Dewasa ini, bisnis bisa dimulai dengan medium apapun. Sepuluh tahun lalu, blog masih dianggap sebagai buku harian digital, yang mana menjadi tempat curhat orang-orang di dunia maya. Berkat perkembangan teknologi dan perubahan perilaku masyarakat, blog sekarang bisa memberikan penghasilan tambahan. Dilansir dari Liputan6.com, disebutkan bahwa blog bisa menjadi media berbisnis yang digunakan oleh banyak orang untuk memasarkan suatu produk. Menggarap bisnis ang sukses lewat blog pun terbilang mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Strategi 
Ketika Anda membuat blog dengan tujuan berbisnis, saatnya untuk melakukan rencana bisnis dan mengembangkan strategi. Mulailah dengan membuat kalender pada blog. Coba masukkan berbagai konten. Daripada hanya membuat unggahan setiap hari, lebih baik masukkan konten seperti infografis, daftar dan tamu, bahkan video. Catat siapa saja pengunjung blog Anda, kemudian bagikan jumlah blog viewer, cobalah untuk meningkatkan pengunjung setiap saat. Memang butuh waktu untuk melihat hasilnya, tetapi hal terpenting adalah konsistensi dalam berstrategi. Usahakan terus meningkatkan jumlah pengunjung blog seperti dengan membuat konten yang bagus dan selalu baru.

2. Isi
Ini pertanyaan lama dalam bidang pemasaran dan komunikasi, yakni bagaimana cara mendapatkan perhatian pembaca? Ketika sudah dapat, bagaimana mempertahankan? Apakah saat menulis unggahan, siaran pers atau mengulas perihal kampanye politik, buatlah isinya semenarik mungkin, usahakan subjek dan kata kuncinya saat dicari mudah sehingga membuat orang ingin mengklik dan membaca postingan di blog. Ini tugas Anda untuk membuatnya menarik dan mendorong orang untuk membaca. Teliti siapa pengunjung Anda, kemudian lihat unggahan apa saja yang banyak dibaca orang. Analisis sendiri untuk melihat pos yang paling menarik dibaca dan yang jarang dibaca. Jika sudah, unggahlah tema sejenis untuk menarik minat pengunjung lebih banyak lagi.

3. Aktif dengan Blogger Lain
Tanggung jawab Anda untuk selalu terlibat dalam setiap tulisan yang diunggah. Balaslah setiap komentar yang masuk di dalam unggahan. Kalau bisa lanjut untuk terus berbalas komentar atau ciptakan komunitas nyata di blog Anda. Teruskan kegiatan ini dengan melanjutkkan di media sosial yang Anda punya agar pengikut Anda juga tahu, seperti Twitter, Facebook, dan lainnya. Usahakan juga untuk terlibat dengan sesama blogger. Buat blog Anda lebih hidup dan tidak sunyi, ini merupakan bagian dari perkembangan digital. Manfaatkan untuk selalu berdiskusi dengan blogger lain. Kemudian cek apakah mereka bersedia berkolaborasi dengan Anda di sebuah artikel. Jika satu saja posting-an Anda viral, maka jelas ini akan menguntungkan.

4. Pemasaran 
Saat memasarkan blog Anda sepertinya sulit dilakukan, cari waktu sehari untuk memasarkan konten yang Anda tulis di blog. Misalnya membuat akun media sosial untuk promosi unggahan di blog. Jika unggahan Anda panjang namun isinya informatif dan bermanfaat, ubahlah postingannya lebih singkat atau enak dilihat, misalnya dengan membuat infografis untuk dibagi ke Twitter atau Instagram. Bekerjasama dengan satu produk untuk promosi iklan di blog, juga bisa mempengaruhi jumlah pengunjung.

KEMBALI BELANJA DAGOBAGUS.COM
KEMBALI BELANJA DAGOBAGUS.COM

Blog Dago Bagus
Blog Dago Bagus Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top