Bisnis Tanpa Modal?



Bisnis Tanpa Modal? Ini Caranya

Tak bisa dipungkiri, kini makin banyak orang ingin mendirikan usahanya sendiri. Tentu ini merupakan tanda yang baik bagi Indonesia karena dengan mendirikan usaha sendiri, perekonomian bangsa juga bisa terbantu agar makin maju. Sayangnya, banyak yang masih menganggap bahwa modal merupakan kendala terbesar mereka. Tak sedikit yang berpikir bahwa membangun bisnis dari nol, mulai dari produksi hingga promosi akan membutuhkan modal yang besar. Kebutuhan modal memang tak mungkin sepenuhnya hilang, lalu langkah apa yang bisa diambil seseorang untuk mulai merintis bisnisnya? Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mensiasati kebutuhan modal.

Pertama - Bila kamu merasa dirimu cukup kreatif dan suka hal baru, kamu bisa merintis usaha dengan menciptakan produk sesuai keahlian dan kreativitasmu. Kamu butuh modal bahan baku untuk membuat produk tersebut. Bila produk kamu buat sendiri, kamu bisa lebih untung karena tahu biaya apa saja yang bisa ditekan. Jangan lupa mengurus hak paten produkmu agar tetap terjaga dan bisa diapresiasi. Setelahnya bisa kamu pasarkan di media sosial atau kerja sama dengan distributor atau toko.

Kedua - Bila kamu merasa tak punya cukup kreativitas untuk memproduksi barang, maka kamu bisa mencoba menjadi seorang reseller. Artinya, kamu bisa mencoba menjual kembali produk-produk orang lain pada konsumen. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang pandai bergaul dan punya relasi cukup luas. Demikian, kamu bisa lebih mudah mendapat konsumen atau menjalin relasi promosi dengan pihak dan jaringan yang lebih luas.

Ketiga - Merasa tak berbakat menjadi reseller? Kamu masih bisa membantu menemukan orang yang membutuhkan produk dengan orang yang memiliki kreativitas dalam memproduksi produk tersebut.
Demikian, kamu bisa menjadi agen pemasar bagi produsen untuk dikenalkan dan dipasarkan. Keuntungan yang bisa kamu dapat berdasarkan perjanjian dengan produsen biasanya dalam bentuk persentase pembagian keuntungan penjualan.Setelah mengetahui tiga potensi awal menekan modal, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk merintis bisnis tanpa perlu pusing soal modal.

Keempat - Selain produk, jasa juga bisa menjadi barang dagangan potensial. Bila kamu merasa punya keahlian khusus seperti mengajar/memberi layanan konsultasi/menjadi perantara jasa jual beli properti, kamu bisa mencoba mematok harga atas kemampuanmu tersebut.

Kelima - Bila kasusnya kamu punya ide namun tak punya modal, kamu bisa mencoba mencari investor. Mencari investor kini bukan lagi hal sulit, hal sulit yang muncul adalah membangun kepercayaan dengan investor agar mereka mau mengucurkan dana. Dalam hal ini, kemampuan negosiasi dan komunikasi memang sangat dibutuhkan.

Keenam - Sistem dropship juga bisa menjadi pilihan bisnis tanpa modal besar. Prinsipnya mirip reseller namun kamu tak perlu meluangkan tempat untuk menampung barang dagangan. Tugasmu hanya mendapatkan konsumen yang mau memesan produk kemudian kamu lanjutkan ke pemilik barang untuk dikirimkan ke alamat konsumen. Cara kerja ini cukup praktis dan banyak diminati kalangan ibu rumah tangga serta mahasiswi.

Ketujuh - Untuk mendapat modal agar bisa mendirikan bisnis adalah dengan meminjam uang pada bank. Namun, hal ini bukan perkara mudah. Prosesnya cukup rumit, mulai dari permohonan pinjaman hingga cairnya pinjaman memakan waktu cukup lama dan proses panjang. Namun pinjaman yang ditujukan pada bisnis UMKM kini makin banyak dan bisa kamu manfaatkan. Tak ada yang mudah dari sebuah permulaan bisnis. Butuh pengorbanan untuk membangun usaha yang ingin kamu rintis.

Sumber: smart-money.co


KEMBALI BELANJA DAGOBAGUS.COM
KEMBALI BELANJA DAGOBAGUS.COM

Blog Dago Bagus
Blog Dago Bagus Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

 
back to top